Jumat, 05 Oktober 2012

PENGERTIAN AKUNTANSI


          Akuntansi merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi keuangan perusahaan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Hal tersebut membuat akuntansi sering disebut sebagai Bahasa Dunia Usaha (business language).
          Menurut American Institute of Certified Public Accountant (AICPA), akuntansi adalah seni pencatatan, pengelempokkan dan pengikhtisaran menurut cara yang berarti dan dinyatakan dalam nilai uang. Seni disini ditafsirkan dari segi
1. Fisik
Dalam akuntansi diperlukan kerapian, penggunaan bahasa, dan teknik tertentu sehingga menarik dan mudah dipahami oleh pihak-pihak yang membutuhkan. 
2.  Kebijaksanaan
Dalam proses pencatatan, pengelompokkan dan pengikhtisaran ditemukan masalah karena berbagai kepentingan dan pengaturan yang membatasi sehingga diperlukan suatu kecakapan dalam mengambil kebijaksanaan (policy) tanpa mengurangi substansinya.
          Sedangkan American Accounting Association (AAA)mendefinisikan akuntansi sebagai proses identifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi ekonomi untuk memungkinkan pembuatan pertimabangan-pertimbangan dan keputusan-keputusan oleh para pemakai informasi tersebut.
           Dari pengertian akuntansi menurut AAA tersebut, dapat disimpulkan bahwa :
      Dipandang dari sudut fungsi dan kegunaannya, akuntansi adalah aktivitas jasa yang menyediakan informasi penting untuk penilaian jalannya perusahaan, sehingga memungkinkan pimpinan(manajemen) perusahaan atau pihak-pihak di luar perusahaan membuat pertimbangan-pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat. Sedangkan jika
dipandang dari sudut kegiatannya(prosesnya), akuntansi yaitu suatu proses yang meliputi identifikasi(penentuan), pengukuran dan penyampaian informasi ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar