Rabu, 24 Oktober 2012

PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI


                Informasi akuntansi yaitu data transaksi keuangan suatu perusahaan dalam satu periode tertentu yang diikhtisarkan dalam bentuk laporan keuangan (financial statement). Laporan keuangan suatu perusahaan pada dasarnya terdiri atas neraca dan laporan laba/ rugi. Neraca berisi informasi mengenai posisi (keadaan) keuangan perusahaan. Sedangkan laporan laba/rugi menggambarkan kegiatan usaha serta hasil (laba/rugi) yang diperoleh perusahaan pada suatu periode.
                Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi akuntansi dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu :


  1. Pihak intern perusahaan
                Pihak intern perusahaan yaitu para pimpinan di semua tingkat dalam struktur organisasi perusahaan (manajemen). Pimpinan perusahaan paling banyak membutuhkan informasi keuangan. Hal tersebut dikarenakan pimpinan perusahaan bertanggung jawab melaksanakan kegiatn perusahaan, menyusun program dan mengambil keputusan sehingga mereka sangat memerlukan informasi akuntansi.

  1. Pihak ekstern perusahaan
                Pihak ekstern perusahaan adalah pihak luar perusahaan yang tidak ikut bertanggun g jawab dan tidak memiliki wewenang mengambil keputusan yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan. Pihak ekstern perusahaan diantaranya:
a.       Pemilik perusahaan
b.      Kreditor dan calon kreditor
c.       Investor dan calon investor
d.      Instansi pemerintah
e.      Karyawan
f.        Pemasok dan kreditor usaha lainnya
g.       Pelanggan
h.      Masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar