Sabtu, 20 Juli 2013

BID'AH-BID'AH DI BULAN RAMADHAN



Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dan keutamaan. Tidak heran jika banyak kaum muslimin yang berlomba-lomba untuk mendapatkan keutamaannya. Mereka berlomba-lomba dalam beribadah. Namun sayang banyak kaum muslimimn yang membuat cara-cara baru dalam beribadah yang sering disebut dengan bid’ah. Bid’ah adalah amalan-amalan yang banyak dilakukan kaum muslimin tetapi tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah maupun sahabatnya. Mereka lupa dengan firman Allah SWT
                     "Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu" (QS. Al-maidah : 3).



Oleh karena itu pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang bid’ah-bid’ah yang banyak dilakukan kaum muslimin, khususnya pada bulan Ramadhan.
Amalan-amalan yang termasuk bid’ah diantaranya :
  1. PADUSAN
Padusan adalah mandi besar yang dilakukan pada satu hari menjelang bulan ramadhan. Hal ini banyak dilakukan kaum muslimin, padahal hali ini tidak pernah dicontohkan oleh rasulullah SAW.
  1. BERZIARAH KUBUR KARENA RAMADHAN
Ziarah kubur sebelum maupun sesudah ramadhan banyak dilakukan kaum muslimin tetapi hal tersebut tidak disyariatkan.
Ziarah kubur dianjurkan agar kita senantiasa mengingat kematian dan akhirat. Namun mengkhusukannya karena event tertentu tidakpernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW maupun para sahabatnya.
  1. MENDAHULUI PUASA SATU ATAU DUA HARI SEBELUMNYA
Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian mendahului puasa Ramadhan melakukan puasasatu atau dua hari sebelumnya, kecuali yang terbiasa melakukan puasa pada hari tersebut, maka tidak apa-apa baginya untuk berpuasa.” (HR. Bukhori dan Muslim)
Dari hadist tersebut sudah jelas disebutkan bahwa Rasulullah SAW melaran kita mendahului puasa satu atau dua hari sebelumnya, kecuali jika kita sudah terbiasa puasa pada hari-hari tersebut, misalnya puasa senin-kamis atau puasa dawud.
  1. MELAFADZKAN NIAT
Hal ini sering kita jumpai setelah sholat tarawih, imam masjid memimpin membaca niat untuk puasa esok hari lalu diikuti oleh para jamaah. Padahal hal ini tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Puasa maupun ibadah lain cukup diniatkan dalam hati tidak perlu dilafadzkan.
  1. MEMBANGUNKAN ORANG-ORANG UNTUK SAHUR
Hal ini termasuk Bid’ah karena Rasulullah tidak pernah mencontohkannya.
  1. MENUNDA ADZAN MAGRIB DENGAN ALASAN KEHATI-HATIAN
Menunda adzan magrib berarti menunda berbuka. Hal ini bertentangan dengan perintah Rasulullah SAW yang menyuruh kita menyegerakan berbuka. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini,
“manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhori dan Muslim)
  1. BERDZIKIR DENGAN SUARA KERAS SETELAH SALAT TARAWIH
Hal ini tidak pernah dicontohahkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Oleh karena itu, ini termasuk Bid’ah.
  1. PERAYAAN NUZULUL QUR’AN
Perayaan Nuzulul Qur’an merupakan perayaan yang dilakukan pada tanggal 17 ramadhan untuk mengenang saat diturunkannya al-Qur’an.
  1. TAKBIRAN
Yaitu menyambutnya datangnya sholat Ied dengan mengeraskan bacaan takbir dan memukul bedug pada malam Ied. Adapun cara yang diajarkan Rasulullah SAW adalah dengan melakukan takbir ketika keluar rumah hendak melakukan sholat Ied sampai tiba di tempat sholat Ied.
Itulah beberapa amalan-amalan yang banyak dilakukan olekh kaum muslim namun tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar